Recent Posts

Kamis, 17 Juni 2010

My First dbE

Jujur baru kali ini punya audio sistem "beneran". Sebelumnya cuman asal asalan di sisi audio, paling bagusin SoundCard aja dulu ke 7.1CH 24-bit 96kHz/100dB SNR. File MP3 sudah diatas standard, yakni 128kbps keatas. Tapi dengan PC Speaker Stereo + 1 Speaker 6.5" di channel Subwoofer walaupun dengan amplifier masing masing. Pernah juga menambahkan 2 Speaker lagi untuk disematkan di channel rear. Tapi apa yang terjadi, saya tertipu dengan speaker berbandrol rendah, cuman kurang dari Rp. 200k. Keseluruhannya sangat buruk, dan yang paling parah adalah non Stereo.

Untungnya saya mempunyai sobat yang konon katanya adalah seorang Audiophile. Iseng iseng saya meminta sugest speaker yang cocok untuk orang yang berbudget Rp. 500k. Tanpa lama lama ia mengarahkan saya pada produk speaker pertama dari dbE, yakni dbE SP88 2.1CH. Entah mengapa setelah mencari tahu detail dari produk tersebut saya seperti dihipnotis dan langsung tertarik. Saya pun meminta petunjuk lebih lanjut dimana penampakan barang tersebut kepada sobat saya itu. Esoknya langsung berangkat mencari keberadaan produk tersebut di BE Mall Kota Bandung.

Spesifikasi :
RMS : 30W 2 x 15W
Sub : 6,5" Subwoofer
Distortion : 0,5%@1W
Separation : >40 dB (1Khz)
Freq Response : 45 Hz - 20 kHz
SNR : >70 dB

Akhirnya setelah seharian main main di Paris Van Java akhirnya bisa pulang membawa dbE SP88 ini dengan selamat. Untuk packing, dbE SP88 punya keistimewaan, Amplifier (bersatu dengan Subwoofer) dan Satellite terpisah. Lumayan agak ribet dibawa karena saya menggunakan kendaraan roda dua.

UnBoxing


Sattelite : 125 W x 189 H x 120 D











Subwoofer : 170 W x 310 H x 100 D











Produk dbE SP88 yang saya beli adalah yang versi modifikasi. Untuk modifikasi saya cukup kaget juga, dimodif dadakan ditempat langsung. Cukup tunggu ±30menit dbE SP88 pun siap untuk dibawa pulang selagi hangat. Satu lagi kenunikanya dbE SP88, walaupun versi mod, garansi yang diberikan tetap satu tahun.

Untuk klaim garansi, cukup menunjukan kartu garansi dan nota pembelian. Untuk jenis headset akan langsung diganti. Sedangkan speaker akan langsung diganti bila keruskan pada satellite, diservice bila kerusakan pada ampli/subwoofer.







Perbedaan versi mod dengan yang standard hanyalah pada kabel dan konektor RCA dari ampli ke satellite
Tapi yang disayangkan, kabel MinitoRCA nya seperti ini
Untungnya saya masih punya kabel MinitoRCA Kitani untuk speaker sebelumnya. Tapi sepertinya perbedaan tidak terlalu dominan.

Pertama kali lagu yang saya putar adalah "As One - Beatiful Love" dan diikuti lagu lagu As One yang lainnya. Suara terasa begitu tertata rapi, ditambah bass deep yang menghentak dengan tegas. Suara vokal antara dua vokalisnya baru kali ini terasa berbeda satu sama lain. Suara backing vokal yang muncul sangat terasa mendampingi. Suara gitar jazznya pun sangat kental terasa di dbE SP88 ini, berikut suara instrumen yang lainnya tak malu malu muncul dengan merdu. Untuk lagu "As One - Kiss Me" suara biola benar benar tegas mendampingi lagu, suara gitar jazz tak ketinggalan nongkrong tanpa malu malu, suara piano berdenting dengan jelas, tak ketinggalan synth nya pun muncul dengan sangat rapi.
Untuk bass seperti biasa saya coba putar OSTnya The Fast and The Furious Tokyo Drift "Fannypack - Hey Emma". Dengungan bassnya beneran terasa begitu deep. Lalu saya coba cabut konektifitas satellitenya ke ampli dan hanya menampakan suara dari subwoofernya. Alhasil saya sempat dibingungkan dengan suara yang meng"geber" entah darimana, yang jelas bukan kaca lemari yang biasanya. Setelah ditelusuri, kaca jendela lah biangkeroknya. Sebelumnya, tiap saya putar lagu itu belum pernah terjadi hal demikian. Paling hanya suara getaran kaca lemari yang longgar. Tapi di dbE SP88 kaca yang lumayan kokoh yang sebelumnya tidak bergetar sekarang tak seperti itu lagi.
Mungkin jika semua lagu dijelaskan dengan detail, rasanya bakalan begitu panjang tulisan dipostingan yang satu ini.. :D

Kesimpulannya saya sangat puas dengan dbE SP88 ini. Suara jadi lebih wide dan clear. Lagu merdu berubah jadi makin merdu, effek effek dari lagu beneran terasa nyata. Coba dan buktikan sendiri, semua bisa anda dapatkan hanya dengan Rp. 400k (Mod ver.)

Berhubung masih ada sisa Rp. 100k, maka sekalian saya beli earphone dbE PR10, kapan lagi ada kesempatan seperti ini coba.. :)
Untuk kelengkapan cukup lengkap walaupun rasanya ada yang kurang. Busa pelindung earpiecenya hanya dikasih satu pasang tanpa cadangan.


Suara yang dihasilkan dbE PR 10 hampir sama dengan dbE SP88, namun bedanya lebih detail dan lebih renyah. Keseluruhan dua produk dbE ini sangat bagus walaupun masih dalam proses Burn In karena belum dipakai 50jam.
Ternyata kata penjual dbE nya sendiri, produk ini adalah produk lokal yang pabriknya di Padalarang.
Untuk anda semuanya yang penasaran bisa mengunjungi websitenya dontblameyourears, atau datang saja langsung ke lantai atas depan eskalator BE Mall Kota Bandung.

URL
dontblameyourears.com

Tidak ada komentar :