Recent Posts

Senin, 15 Maret 2010

MiniLyric Pembasmi Nyanyi² Gak Karuan

Sepertinya sudah banyak yang tau dengan aplikasi MiniLyric dari Crinsoft ini yang sudah ada semenjak tahun 2001an lalu. Tapi apa salahnya mereview kembali aplikasi MiniLyric ini walaupun sudah banyak juga yang mereviewnya duluan.. XD.

MiniLyric adalah sebuah aplikasi penampil lirik pada player apapun di platform windows (all ver). Aplikasi ini tidak mempunyai file eksekusi (.exe) tersendiri, melainkan berjalan bersamaan (seperti benalu) dengan player yang telah kita pilih untuk disupport oleh MiniLyric ini.
Di OfficialSitenya sendiri, MiniLyric telah mencapai Versi 6.8.429 (WindowsDesktop) dan Versi 5.2.2755 (WindowsMobile). Aplikasi yang keren ini pun hanya dibandrol $14.95 atau sekitar Rp. 137ribu saja, lumayan cukup murah untuk aplikasi sepowerfull MiniLyric ini.

"Tapi jangan kecewa dulu, untuk kamu yang pengen gratisan, aplikasi ini juga cukup mudah dicari di tempat² download favorit kamu juga lho... >:)"

Untuk cukup mudah untuk melakukan istalasi walaupun ada banyak pilihan untuk supporting playernya.
Biasanya akan otomatis memilih player player yang sudah terinstall, atau bisa juga memilihnya dan memasukan direktori playernya.

Setelah instalasi selesai, apabila kita menjalankan player yang sudah tersupport maka MiniLyric akan otomatis muncul.
Untuk skin/tema, MiniLyric juga memberikan beberapa pilihan tema bawaanya ataupun bisa mendownload lagi tema lainnya.
Menggunakannya pun cukup mudah. Cukup bermodal koneksi internet (walupun pas²an juga XD ) dan file musik yang memiliki tag Title (ataupun dengan tag Artistnya dan lebih komplit) lalu menekan tombol play pada player, maka simsalabim tadaaaa~~~ lirik lagunya pun keluar (setelah MiniLyric melakukan autosearch di database sitenya beberapa saat).
Tapi apabila MiniLyric tidak menemukan lirik atau menemukan file lirik yang sejenis, maka akan muncul popup dan meminta kita untuk memilih.





Apabila tidak ada lirik yang cocok maka lebih baik memilih pilihan "No suitable lyric for the song file" agar tidak muncul popup ketika file itu dimainkan dilain waktu.

Untuk tampilan, bila main window Minilyric dirasa kurang enak buat karokean atau terlalu menghalangi, floating lyric adalah solusinya. Floating lyric adalah salah satu fitur untuk menampilkan lirik besar (single line) dengan window full transparan, jadi hanya tulisannya yang tampak pada layar (atas).

Jadi bila kamu ingin beraktivitas seperti biasanya, cukup me-minimize main window dan memilih disable mouse click through dan kamu pun bisa karokean sambil melakukan aktifitas lainnya di komputer tanpa terganggu oleh MiniLyric.. ^_^

Namun apabila kamu tidak menemukan lirik atau menemukan lirik yang kurang pas dengan lagunya, kamu pun bisa berpartisipasi menyumbang liriknya juga.
Extensi file liriknya adalah .lrc yang akan otomatis tersimpan di C:\Lyric (default), dan format penulisannya adalah seperti gambar disamping.
Bisa menggunakan LyricEditor bawaan atau Notepad (save as .lrc)

Lalu menguploadnya ke database MiniLyric


Ya mungkin segitu dulu informasinya, tambahannya akan ditambahkan nanti di postingan..
So, Jangan 'Ngecaprak' lagi ya nyanyinya... hahahaha ^_^

Tidak ada komentar :